-->

MAHASISWA KKN TEMATIK PERTANIAN ORGANIK BULUKUMBA GELOMBANG 110 UNHAS LAKSANAKAN PROGRAM KERJA PENYULUHAN PEMBUATAN BERBAGAI JENIS PRODUK ORGANIK BAGI PERTANIAN DI DESA KAHAYYA

Mahasiswa KKNT UNHAS Beserta Masyarakat Desa Kahayya 

Kahayya – Mahasiswa KKNT Pertanian Organik Gelombang 110 Unhas melaksanakan program kerja Penyuluhan Pembuatan Berbagai Jenis Produk Organik Bagi Pertanian di aula Kantor Desa Kahayya, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba pada hari Sabtu 22-Juli-2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh oleh Kepala Desa Kahayya, kepala kepala dusun, perangkat desa, ketua ketua kelompok tani, serta warga desa Kahayya dan Mahasiswa KKNT 110 Unhas. 

Program kerja yang dilaksanakan berfokus pada sosialisasi dan demonstrasi pembuatan berbagai jenis pupuk, pestisida dan ramuan organik dari bahan bahan yang ada di lingkungan desa Kahayya, seperti pembuatan pupuk kompos dan pupuk organik cair menggunakan metode ember tumpuk dari bahan limbah kulit kopi, limbah dapur, dan limbah pertanian. 

Selain itu, ada pula kegiatan sosialisasi dan demonstrasi pembuatan pupuk NPK organik, yaitu pupuk Nitrogen dari bahan Azolla, pupuk Phospor dari batang pisang, dan pupuk Kalium dari jantung pisang. Mahasiswa KKNT Pertanian Organik juga mensosialisasikan pembuatan Photosintetik Bakteri (PSB) dari bahan utama air cucian beras, yang dapat membantu proses fotosintesis pada tanaman, serta pembuatan pestisida dari bahan umbi gadung atau ‘sikapa’. 

Selanjutnya mahasiswa KKNT juga mensosialisasikan pembuatan ramuan tanaman yang disebut Biosaka. Melihat potensi peternakan yang juga cukup besar di desa Kahayya, mahasiswa KKNT turut menghadirkan program kerja yang mendukung peternakan yaitu sosialisasi dan demonstrasi pembuatan pakan ternak silase.

Kepala Desa Kahayya menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKNT Pertanian Organik Gelombang 110 Unhas dan berharap agar program kerja yang dilaksanakan dapat membawa perubahan serta dapat terus dilanjutkan oleh warga desa Kahayya walaupun masa KKN nanti telah berakhir.

Sumber : https://kkn.unhas.ac.id/index.php/2023/07/26/mahasiswa-kkn-tematik-pertanian-organik-bulukumba-gelombang-110-unhas-laksanakan-program-kerja-lakukan-penyuluhan-pembuatan-berbagai-jenis-produk-organik-bagi-pertanian/, PKKN UNHAS INOVASI Tanpa Batas, dipublikasikan pada 26 Juli 2023

Tags :

bm

Desa Kahayya

Desa Berkembang

Selamat datang di Desa Kahayya. Partisipasi Anda akan membantu kami melaksanakan tugas dan pelayanan secara maksimal dan baik

  • Desa Kahayya
  • Desa Berkembang
  • Desa Kahayya, Bulukumba
  • dkahayya@gmail.com
  • +62 852 5554 9067