-->

Penelitian Pengembangan Wisata di Desa Kahayya Oleh Akademisi Unhas

 

Rombongan Peneliti LPPM UNHAS

Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM) Universitas Hasanuddin (Unhas) mengadakan penelitian bertajuk pengembangan wisata dataran tinggi di Desa Kahayya, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba.

Rombongan peneliti yang melakukan pengumpulan data secara berkesinambungan ini dipimpin oleh Dr. Muhammad Sabiq, M.Si, yang Anggotanya terdiri dari Dr. Sakaria To Anwar, M.Si., Prof. Hasbi. M.Si., Ph.D., Dr. Sawedi Muhammad, M.Sc., Prof. Dr. Juanda Nawawi, M.Si., Dr. A. Ratna Sari Dewi, M.Si., Sopian Tamrin, S.Pd., M.Pd., Ahmad Muhajir, S.Sos., M.Si. dan Nurfadillah, S.Pd.

Para Peneliti tersebut telah mengumpulkan data pada tanggal 11 - 13 Februari 2023 kemudian dilanjutkan pada tanggal 3 sampai 5 Maret 2023 dengan melibatkan pemerintah setempat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Pemerintah desa Kahayya menyambut tim peneliti dengan antusias di rumah Kepala Desa. Hadir juga Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kahayya, ketua kelompok sadar wisata (Pokdarwis), pengelola kuliner (kopi khas Kahayya) dan masyarakat sekitar.

"Kami sangat berterima kasih kepada tim peneliti Unhas yang berkenan menjadi bagian dalam proses peningkatan pembangunan desa kami" ungkap Abdul Rahman, kepala desa Kahayya.

"Kami akan bantu tim peneliti Unhas untuk mendukung kelancaran penelitian ini. Kegiatan ini sangat sejalan dengan rencana kami untuk mengembangkan wisata yang tidak menghancurkan kearifan lokal masyarakat. Dengan begitu, masyarakat mendapatkan keuntungan ekonomi sekaligus akan bangga dengan kebudayaannya" sambung Abdul Rahman.

Sumber : https://makassar.tribunnews.com/2023/03/05/akademisi-unhas-adakan-penelitian-pengembangan-wisata-di-kahayya-bulukumba , TRIBUN-TIMUR.COM, dipublikasikan pada hari Minggu 05 Maret 2023, oleh Ari Maryadi

Tags :

bm

Desa Kahayya

Desa Berkembang

Selamat datang di Desa Kahayya. Partisipasi Anda akan membantu kami melaksanakan tugas dan pelayanan secara maksimal dan baik

  • Desa Kahayya
  • Desa Berkembang
  • Desa Kahayya, Bulukumba
  • dkahayya@gmail.com
  • +62 852 5554 9067