-->

Deklarasi Lembaga Konservasi dan Budaya Masyarakat Kahayya

Deklarasi Lembaga Konservasi dan Budaya Masyarakat Kahayya 

Kahayya - Lembaga Konservasi Dan Budaya Masyarakat (LKBM) Kahayya melaksanakan Deklarasi Lembaga Konservasi Dan Budaya Masyarakat Kahayya pada hari Minggu 16 Oktober 2022 yang merupakan hari bersejarah bagi masyarakat Desa Kahayya, mereka memaknainya dengan istilah “Momentum Kebangkitan Orang Kahayya” yang berlangsung secara hikmat dan penuh semangat.

Aksi Deklarasi ini berlangsung sekitar 2 jam yang dimulai pukul 13.00 WITA bertempat di “Kale Kahayya” yakni suatu tempat yang diyakini oleh Masyarakat Kahayya sebagai tempat pertama kali ditemukannya kopi, yang terletak di Dusun Kahayya Desa Kahayya Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba.

Kegiatan ini disupport oleh berbagai pihak baik dari Organisasi/Komunitas yang bergerak dibidang Konservasi Alam dan Lingkungan Hidup maupun dari Organisasi Sosial dan Karang Taruna yang ada di Kabupaten Bulukumba, diantaranya Komunitas Anak Sungai Rammang-Rammang Desa Salenrang Kabupaten Maros yang memberikan support, perwakilan dari organisasi yang menamakan dirinya sebagai Green Peace Internasional, Komunitas Pecinta Alam Ma’bulo Sibatang, Karama Literasi, Karang Taruna Pammulai Desa Pantama, dan masih banyak lagi Komunitas-komunitas yang mendukung aksi Deklarasi ini.

“Perlu diingat bahwasannya desa kami ini memiliki beraneka ragam kekayaan Hayati yang berpotensi besar dalam masalah kesejahteraan sosial kemasyarakatan baik dalam bidang ekonomi maupun pariwisata.  Oleh karena itu mari kita nyatakan diri kita sebagai Masyarakat Desa Kahayya untuk berkata “KAHAYYA BISA - KAMI BISA”, artinya kita mampu untuk mensukseskan program pemerintah jika kita mau dan bangkit dalam kemandirian akan potensi diri kita sendiri. Alhamdulillah, dengan lahirnya Lembaga Konservasi dan Budaya Masyarakat Kahayya ini, bisa menjadikan MOMENTUM KEBANGKITAN ORANG KAHAYYA seutuhnya dalam segala bidang yang dikembangkan oleh Lembaga Konservasi dan Budaya Masyarakat Kahayya itu sendiri melalui bidang-bidang yang mempunyai konsentrasi penuh tentang Pemberdayaan Sumber Daya Alam secara baik dan benar yang sesuai dalam batas-batas koridor Hukum dan Undang-Undang Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta” ujar Kepala Desa Kahayya, Abdul Rahman dalam sambutannya.

Selain itu, Richal W.Rahman selaku Ketua LKBM Kahayya menyatakan dalam pidatonya bahwa keberadaan Lembaga yang dipimpinnya adalah wujud kepedulian kaum Pemuda dan Tokoh Masyarakat Desa Kahayya untuk peduli terhadap Alam dan Lingkungan Hidup di desanya. Kepedulian tersebut mencetuskan berdirinya Lembaga Konservasi Dan Budaya Masyarakat Kahayya ini, dalam wacananya, ia merumuskan beberapa langkah penting untuk menjamin keberlangsungan ekosistem dan terciptanya Lingkungan Hidup yang Lestari.

Aksi Deklarasi tersebut diakhiri dengan doa penutup dan berakhir dengan tertib, kemudian dilanjutkan jamuan kuliner tradisional Masyarakat Kahayya, yakni Kanre Campe’ dengan seduhan kopi kahayya, dan para tamu undangan tersebut banyak memberikan apresiasi khususnya dalam bidang Konservasi dan pelestarian budaya lokal Masyarakat Kahayya.

Sumber : https://lkbmkahayya.blogspot.com/2022/10/aksi-deklarasi-lembaga-konservasi-dan.html?m=1, Lembaga Konservasi dan Budaya Masyarakat Kahayya dipublikasikan pada tanggal 16 Oktober 2022.

Tags :

bm

Desa Kahayya

Desa Berkembang

Selamat datang di Desa Kahayya. Partisipasi Anda akan membantu kami melaksanakan tugas dan pelayanan secara maksimal dan baik

  • Desa Kahayya
  • Desa Berkembang
  • Desa Kahayya, Bulukumba
  • dkahayya@gmail.com
  • +62 852 5554 9067