-->

Program Kerja KKNT UNHAS Gelombang 108 Posko 1 di Desa Kahayya

Mahasiswa KKNT Posko 1 Gelombang 108 Unhas

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Kopi Kahayya Posko 1 Gelombang 108 Universitas Hasanuddin yang anggotanya berasal dari jurusan dan fakultas yang berbeda, telah melakukan seminar program kerja pada hari Senin 7 Juli 2022 yang bertempat di Kantor Desa Kahayya Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba dimulai pukul 14:10 WITA dan berakhir dipukul 15:15 WITA. 

Dalam seminar ini, telah dipaparkan program kerja yang akan di lakukan dalam jangka waktu kurang lebih dua bulan. Program kerja tersebut yaitu Penyuluhan Budidaya Kopi, Pemangkasan & Sanitasi, Pembuatan The Cascara dari Limbah Kopi, Branding Kopi Kahayya, Pengomposan, Gotongroyong, dan Mengajar.

Dari tujuh program yang direncanakan, 5 diantaranya berpusat pada pengolahan kopi dan 2 program lainnya merupakan program umum yang bertujuan mengakrabkan mahasiswa KKNT dan masyarakat desa setempat. 

Pada program kerja pengomposan, di bahas mengenai bagian-bagian buah kopi, pemanfaatan kulit kopi yang umu dilakukan masyarakat, kompas & kandungan kulit kopi, serta prinsip pengomposan. Pada program kerja the dari kulit kopi, di fokuskan pada pembuatan the Cascara Dan cita rasa & kandungan Cascara. Terdapat juga program kerja tentang branding, yang membahas pengertian dan manfaat branding. 

Program kerja selanjutnya adalah penyuluhan budidaya kopi, yang membahas pentingnya pohon penaung, jenis tanaman penaung, pisang sebagai tanaman penaung, macam-macam pohon penaung, seperti Lamtac, Gamal, dan Sengon, serta agroekosistem tanaman kopi, pemangkasan & sanitasi, terbagi menjadi pemangkasan dan sanitasi. Pemangkasan membahas mengenai penurunan produksi kopi, tujuan pemangkasan, kriteria pemangkasan, faktor-faktor yang mempengaruhi tanaman kopi. Sedangkan sanitasi membahas pengendalian hama dan penyakit pada tanaman.

Program kerja ini mulai dilaksanakan sehari setelah seminar program kerja, terhitung sejak selasa, 8 juli 2022. Dalam pelaksanaannya nanti, akan dilibatkan masyarakat, yang turut menyukseskan program kerja yang sudah diseminarkan.

Tags :

bm

Desa Kahayya

Desa Berkembang

Selamat datang di Desa Kahayya. Partisipasi Anda akan membantu kami melaksanakan tugas dan pelayanan secara maksimal dan baik

  • Desa Kahayya
  • Desa Berkembang
  • Desa Kahayya, Bulukumba
  • dkahayya@gmail.com
  • +62 852 5554 9067